Selasa, 13 Oktober 2015

Mengenal Satuan Kecepatan Mengetik Keyboard


Mengenal satuan kecepatan mengetik keyboard - Ini adalah lanjutan dan pelengkap dari artikel sebelumnya yang berjudul Panduan Singkat Padat Seminggu Mahir Mengetik 10 Jari. Di artikel ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang pengenalan satuan kecepatan mengetik keyboard. Seperti halnya besaran-besaran yang lain, dalam hal ini kita membahas kecepatan, seperti kecepatan bergerak yang dalam ilmu fisika memilki satuan m/s (meter per second atau meter per detik). Atau kita mengenal kecepatan bergerak mobil atau motor yaitu Km/jam, yang menunjukkan berapa KM jarak yang bisa ditempuh dalam satu jam.
Begitupun jugadengan kecepatan mengetik. Untuk mengukur seberapa cepat kemampuan mengetik seseorang maka diciptakan suatu satuan kecepatan mengetik. Satuan kecepatan mengetik sistem Internasional adalah WPM (Word Per Minute) atau dalam bahasa Indonesia adalah KPM (Kata Per Menit). Satuan ini juga mengukur berapa banyak kata yang bisa dihasilkan atau diketik dalam 1 menit / 60 detik.
Untuk mengetahui berapa kecepatan mengetik, kita bisa menggunakan fasilitas online melalui web http://10fastfingers.com/typing-test/indonesian . Di sana kita akan diberikan sejumlah rangkaian kata dalam bahasa Indonesia dan kita diberikan waktu 60 detik untuk mengetikkan sebanyak-banyaknya kata yang muncul. Kata yang diketik benar akan menunjukkan warna hijau dan apabila ada kata yang pengetikan huruf nya salah maka akan langsung terdeteksi dengan tanda warna merah. Berikut adalah tampilannya.

mengenal satuan kecepatan mengetik - 10fastfinger.com
Kecepatan mengetik dikatakan normal bila sudah bisa mencapai angka 50 sampai 60 WPM, tapi banyak juga yang sudah bisa mencapai kecepatan 100 bahkan 150 WPM jika sudah mahir/expert.
Seperti data para expert berikut ini yang kecepatannya sudah diatas 100 KPM.

Bagi teman-teman yang ingin menguji kecepatan mengetiknya, bisa menggunakan fasilitas 10fastfinger ini. Dan di bawah adalah hasil test saya pribadi, hasilnya masih sekitaran 60 kpm. Masih standar sih ya. Terlihat raut muka mengkerut dan penuh keringat di gambar avatar di bawah ini menjunjukkan bahwa saya masih harus banyak latihan untuk mencapai kecepatan maksimal atau hingga di atas 100 kpm.Yang pasti, terus latihan dan latihan.
Typing Test

Kunjungi Tes Mengetik kemudian coba!

Baik itulah mungkin sedikit tulisan saya tentang Mengenal Satuan Kecepatan Mengetik Keyboard, terkait dengan kemampuan mengetik 10 jari yang sangat penting untuk kita kuasai.
Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar